Keunggulan dari kemasan kertas – Kemasan kertas adalah pembungkus yang bahan dasarnya berasal dari kertas. Jaman dahulu semua kemasan hanya berbahan dasar beling. Di zaman yang sudah modern justru semua orang hanya memikirkan untuk saat ini saja tanpa memikirkan efek ke depannya akan seperti apa. Lambat laut pembungkus berbahan dasar beling dan kertas  semakin sedikit penggunanya dibandingkan dengan penggunaan plastik.

Kemasan dari suatu barang itu beraneka ragam jenisnya. Semakin hari masyarakat semakin kreatif dalam membuat suatu kemasan. Karna kemasan merupakan point penting untuk suatu perusahaan atau seseorang  yang membuka usaha. Pembuatan pengemasan makanan harus yang tahan terhadap udara, tidak mudah robek, dll. Tapi harus juga memikirkan dampak atau efek kedepannya untuk makanan, kosumen, dan lingkungan.

Keunggulan dari Kemasan Kertas

Bahan dasar kertas lebih baik dari pada bahan dasar plastik. Kenapa seperti itu?? Iya, kita ambil contoh paper bag makanan yang terbuat dari bahas kertas itu sangat mudah terurai dan akan bisa didaur ulang kembali menjadi bentuk yang lainnya. Tidak menimbulkan reaksi pengendapan yang sulit untuk di hilangkan yang akhirnya menumpuk terus – menerus kalau bahan tersebut tidak bisa terurai seperti yang berbahan plastik contohnya.

Perbedaan kemasan kertas dan plastik

Yang kami lihat sekarang sudah ada kesadaran dari berbagai perusahaan makanan untuk mengurangi penggunaan plastik dan beralih ke bentuk paper bag yang bahan dasarnya berasal dai kertas. Adapun perbedaan kemasan pada makanan, yaitu :

Kemasan plastik

  1. Tidak ramah lingkungan
  2. Berbahan dasar kimia dan plastik dalam pembuatannya
  3. Bisa digunakan 2-3 hari tempatnya
  4. Tahan terhadap udara dan air
  5. Tidak bisa di daur ulang
  6. Tidak tahan terhadap panas

Kemasan kertas

  1. Ramah lingkungan
  2. Berbahan dasar kertas
  3. Digunakan hanya 1 kali pakai
  4. Tidak tahan terhadap air sehingga mudah robek atau rusak tapi bisa tahan udara
  5. Bisa di daur ulang
  6. Tidak bisa menompang beberapa barang yang terlalu berat kecuali pembuatan kertasnya agak sedikit tebal.

Kalian pasti sudah paham bahwa plastik membutuhkan waktu yang cukup lama untuk terurai, sangat lama sekali bisa sampai 10 – 20 tahun dan itu pun masih tidak sepenuhnya terurai. Sedangkan kertas mudah sekali terurai. Apakah dari penjelasan tersebut sudah membuat anda sadar akan dampak yang ditimbulkan?? Maka beralihkan ke kemasan yang berbahan dasar kertas contohnya seperti paper bag.

Pin It on Pinterest

WhatsApp chat