Select Page

Kenali Jenis Kemasan Makanan untuk Berbagai Kebutuhan – Kemasan makanan merupakan salah satu aspek terpenting dari sebuah produk. Karena kemasan tidak hanya sebagai wadah penyimpanan makanan, tetapi juga digunakan sebagai branding atau pemasaran produk tersebut. Dalam hal ini, pengemasan didefinisikan sebagai sistem terkoordinasi untuk menyiapkan barang untuk transportasi, distribusi, penyimpanan, penjualan, dan penggunaan. Bahkan saat ini, hampir tidak ada produk yang dijual tanpa kemasan.

Kenali Jenis Kemasan Makanan untuk Berbagai Kebutuhan

Teknik pengemasan dan pemilihan kemasan yang tepat membutuhkan banyak perhatian dan tidak boleh sembarangan. Hal ini berkaitan dengan informasi kesehatan konsumen, faktor komunikasi, estetika agar kemasan terlihat lebih menarik dan unik, sehingga pesan yang ingin disampaikan tersalurkan dengan baik kepada konsumen. Bentuk, warna dan tampilan kemasan makanan semakin beragam, tergantung pada target pasar dan produk yang dijual. Bahkan seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi. Variasi kemasan makanan juga berubah sesuai dengan fungsinya.

Tidak hanya itu, pengemasan makanan juga memiliki tujuan penting, yaitu melindungi produk secara optimal dari penyebab kerusakan dari faktor eksternal. Diantaranya adalah cahaya, oksigen, kelembaban, mikroba, serangga, dengan tetap menjaga nilai gizi, kualitas, mutu dan umur simpan makanan. Ada berbagai model dan jenis kemasan makanan yang dapat ditemukan di dunia. Kemasan juga memiliki fungsi dan tujuan tersendiri, agar makanan tetap memiliki cita rasa yang berkelanjutan, higienis dan lezat. Oleh karena itu, kenali jenis-jenis kemasan makanan berikut ini.

Jenis kemasan makanan

Mengetahui jenis kemasan makanan tidak hanya memudahkan Anda dalam memilih dan mengolah produk yang dibeli agar lebih lestari dan sehat. Tetapi juga sebagai acuan ketika ingin membangun perusahaan atau food company. Tentunya memilih kemasan yang menarik, higienis, praktis dan fungsional akan menjadi pertimbangan konsumen saat membeli produk yang Anda jual. Untuk itu, yuk simak penjelasan jenis-jenis kemasan berikut ini.

Mengetahui jenis kemasan makanan tidak hanya memudahkan Anda dalam memilih dan mengolah produk yang Anda beli agar lebih lestari dan sehat. Tapi juga sebagai referensi ketika ingin membangun bisnis atau perusahaan makanan. Tentunya, memilih kemasan yang menarik, higienis, praktis dan fungsional menjadi pertimbangan konsumen saat membeli produk yang Anda jual. Untuk itu, yuk simak penjelasan jenis-jenis kemasan berikut ini.

  1. Paper Bowl

Mangkuk kemasan makanan atau paper bowl sangat banyak diminati di toko-toko makanan karena bentuknya yang seperti mangkuk, praktis, aman dan mudah digunakan. Anda bisa mengisi wadah ini dengan nasi kering dan basah serta lauk pauk. Selain itu, kemasan tray jenis ini juga terjangkau. Kemasan ini juga ramah lingkungan karena terbuat dari kertas yang mudah terurai di dalam tanah.

  1. Rice Box

Jika mangkuk umumnya tidak memiliki tutup yang ada pada kemasannya sehingga kurang higienis, Anda bisa menggunakan rice box yang fungsi pengemasannya sudah optimal. Kemasan ini terintegrasi dengan tutupnya sehingga lebih higienis dan menjaga makanan tetap bersih dan bebas dari kuman, bakteri atau serangga. Namun kemasan rice box ini hanya bisa digunakan untuk makanan kering, seperti nasi dan lauk kering lainnya. Hal ini dikarenakan kemasan rice box sulit menahan cairan, terutama pada suhu tinggi.

  1. Snack Box

Nah, jika Anda berencana untuk menjual aneka jajanan, Anda bisa menggunakan kemasan jenis ini. Pada umumnya snack box terbuat dari bahan seperti kertas dan dibuat untuk makanan kering. Harga kemasan makanan jenis ini juga relatif murah, sehingga bisa menjadi pertimbangan dalam memilih kemasan makanan.

  1. Paper box

Seperti namanya, paper adalah kertas, jadi kemasan ini terbuat dari kertas. Jenis kemasan ini memiliki kegunaan yang sama dengan mangkuk, yaitu ringkas, praktis dan cocok untuk makanan berminyak. Karena wadah ini umumnya dilaminasi dengan segel minyak.

Selain itu, kemasan paper box jenis ini juga tebal, sehingga dapat menahan air saat digunakan untuk makanan yang mirip sup. Jika Anda tertarik menjual makanan berminyak dan berkuah, kemasan makanan ini sangat cocok untuk referensi.

  1. Lunch box

Lunch box ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memulai bisnis katering. Karena lunch box ini merupakan wadah makanan yang terdiri dari banyak ukuran. Jadi tidak perlu repot memisahkan nasi, sayuran, lauk pauk, sambal bahkan buah-buahan. Sehingga kemasan lunch box ini sangat praktis dan efektif karena mengandung banyak komponen.

Demikian informasi yang dapat kami berikan semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua. Untuk informasi lebih lanjut atau ingin memesan kemasanan makanan Anda bisa hubungi nomor kami dengan meng kilk icon whatsapp yang sudah tersedia di pojok kanan bawah pada halaman website. Kami akan membantu kebutuhan untuk kemasan makanan produk Anda. lalu, Anda bisa sesuaikan keinginan Anda ingin kemasan yang seperti apa karena kami bisa custom.

Pin It on Pinterest