Select Page

Cemilan atau snack merupakan salah satu makanan yang banyak dikonsumsi dari berbagai kalangan mulai dari anak kecil hingga orang dewasa juga menikmatinya. Seiring berjalannya waktu, jajanan ini kini semakin bervariasi mulai dari bentuk, warna hingga rasa yang berbeda. Mulai dari snack, ciki, wafel, keripik dan masih banyak lagi.

Ide Kemasan Makanan Ringan

Bahkan diantara mereka ada juga jajanan yang viral bukan hanya karena rasanya yang enak, tapi juga karena kemasan jajanan/snack packaging memiliki bentuk yang unik dan menarik, sehingga banyak orang yang tertarik untuk membelinya. Walaupun target audiensnya adalah anak-anak, namun sangat muda dan menguntungkan karena dapat menarik perhatian anak-anak untuk membelinya.

Maka tidak heran jika di zaman sekarang ini semakin banyak produsen kemasan snack yang membuat berbagai jenis kemasan yang semenarik dan seunik mungkin. Jika kemasan produk polos atau standar, tak jarang pembeli mengabaikan atau memperhatikan.

Kemasan tersebut dapat menjadi personal branding yang efektif dari produk makanan ringan yang dijualnya sehingga mudah diingat oleh masyarakat luas. Oleh karena itu, jangan sampai salah dalam memilih jenis kemasan untuk produk snack agar akurat dan aman.

Berikut ini adalah ikhtisar ide kemasan makanan ringan yang cukup menarik dan unik yang dapat Anda gunakan yang akan sangat memengaruhi penjualan Anda.

1. Kemasan kertas dupleks

Jenis kemasan pertama yang bisa digunakan untuk pengemasan adalah duplex paper/paper duplex type packaging. Merupakan salah satu food grade food packaging yang terbuat dari bahan karton dan memiliki ketebalan yang cukup baik sebagai wadah untuk mengemas makanan kering. Meski terbuat dari kertas duplex, kemasan ini memiliki kekuatan, ketebalan dan kekokohan yang cukup baik untuk digunakan

Selain itu, jenis kemasan kertas duplex ini memiliki beberapa bentuk yang unik, seperti: persegi, persegi panjang, hingga lonjong dengan bagian dalam berwarna putih dan bagian luar berwarna abu-abu. Namun, bagian luar kemasannya bisa diberi warna atau desain grafis apa saja. Kemasan jenis ini hanya dapat digunakan satu kali, karena kertas bekas dapat dibuat atau didaur ulang setelah digunakan sehingga tidak menimbulkan pencemaran lingkungan.

Harga kemasan kertas dua sisi cukup terjangkau dan tidak terlalu mahal. Adapun contoh makanan ringan yang bisa menggunakan kertas dua sisi, seperti produk wafer, coklat, sosis dan lain-lain.

2. Kemasan Aluminium Foil

Kemasan jenis aluminium foil merupakan salah satu kemasan yang saat ini sedang dikembangkan dan banyak digunakan untuk berbagai produk makanan ringan. Bahan yang kuat, tahan lama dan aman ini dapat digunakan sebagai kemasan snack.

Sehingga kemasan ini dapat melindungi produk dari sinar matahari dan beradaptasi dengan kondisi cuaca yang berbeda. Ciri khas kemasan aluminium foil dapat dibedakan dari jenis gambar dan desain warna yang berbeda, sehingga produk makanan lebih menarik dan unik. Adapun contoh makanan ringan yang bisa menggunakan kemasan aluminium foil, seperti pilus, kacang, ciki, wafer dan masih banyak lagi.

Kemasan Standing Pouch

Selain itu, ada juga kemasan stand up pouch, salah satu jenis kemasan makanan food grade yang saat ini masih populer sebagai kemasan produk makanan ringan. Selain sebagai wadah untuk menyimpan makanan ringan, kemasan makanan stand up pouch memiliki bentuk yang menarik dan unik untuk dipasarkan di masyarakat.

Salah satu keuntungan menggunakan stand-up pouch adalah memudahkan penataan produk, baik di etalase toko maupun di meja pajangan.

Kemasan stand up pouch juga memiliki berbagai keunggulan lainnya seperti resleting yang dapat diikatkan di bagian atas yaitu bagian lengan kemasan dengan resleting yang membuat produk makanan di dalamnya lebih aman dan terjamin kualitasnya.

Untuk bagian eksterior juga bisa request gambar design dan warna sesuai dengan kebutuhan anda, sehingga semakin menambah tampilan produk menjadi unik, menarik. Dari segi harga kemasan stand-up pouch tentu harganya sedikit lebih mahal, namun hal ini sebanding dengan kualitas yang akan kita dapatkan.

3. Kemasan Sachet

Kemasan berikut adalah kemasan sachet. Pada umumnya kemasan sachet ini masih banyak digunakan untuk kemasan minuman seduh instan, seperti es krim, susu dan berbagai minuman instan lainnya.

Kemasan sachet jenis ini tidak terlalu besar dan memiliki daya kedap udara yang sangat baik. terbuat dari bahan nylon dan alumunium dengan berbagai ukuran yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan, selain itu harga kemasan sachet ini juga cukup terjangkau.

Nah bagaimana. Dari sederet rekomendasi ide kemasan makanan ringan di atas, kemasan seperti apa yang menarik untuk Anda coba sebagai ide jualan?

Pastikan jenis kemasan yang Anda gunakan sesuai dengan jenis makanan yang Anda pasarkan nantinya, yang akan menunjang kesuksesan bisnis yang Anda jalankan. semoga beruntung

Pin It on Pinterest