Bisnis paperbag, perlukah? – Paper bag saat ini banyak jadi pilihan untuk menjadi kemasan akhir produk yang dijual di toko, butik, maupun outlet-outlet penjualan berbagai macam produk. Entah itu produk makanan, pakaian, atau produk lainnya. Paper bag juga sudah mulai bermunculan sebagai sponsor di beberapa event.

event organizer juga merupakan salah satu pasar  potensial yang harus dirangkul untuk memasarkan paper bag, karena untuk berbagai acara banyak yang membutuhkan paper bag, baik itu untuk acara seminar, pameran ataupun berbagai acara lainnya. selain EO, pasar lain yang potensial adalah butik dan pengusaha makanan terutama kue-kue.

Bisnis paperbag, perlukah?

Desain paper bag juga biasanya dipengaruhi momen-momen tertentu yang dirayakan banyak orang, seperti Puasa, Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru. Tidak hanya yang pesanan, paper bag yang dijual umum di pasaran juga harus memperhatikan momen, karena banyak orang menggunakan paper bag sebagai pembungkus bingkisan dalam momen tertentu.

Meski tidak sekuat kantong plastik, Paper bag bisa didesain lebih elegan, kreatif dan menunjukkan ciri produk yang di bungkusnya sehingga bisa terlihat lebih menarik dan eksklusif. Paperbag juga berfungsi sebagai branding yang efektif untuk sebuah produk.

Harga paper bag pun jauh lebih murah daripada kantong-kantong plastik. Bahan-bahan seperti brown kraft atau bahan-bahan white kraft menjadi pilihan utama produsen sebuah produk untuk mengaplikasikan desain produknya di paper bag.

Hal yang juga turut membantu peningkatan penjualan paper bag adalah gencarnya kampanye-kampanye tentang kepedulian terhadap lingkungan, tren-tren tentang eco produk (produk ramah lingkungan) dan ancaman global warming juga membuat konsumen berpindah ke produk berbahan kertas daur ulang sebagai ganti produk berbahan plastik.

Bagaimana memulainya ?

Memulai usaha paper bag, tidak butuh modal yang besar. Yang paling penting dalam usaha percetakan adalah kemampuan menjual produk karena untuk usaha terkait cetak – mencetak kertas, semua aspek produksi bisa di-sub-kan, sehingga tidak perlu modal yang besar untuk membeli peralatan (mesin dsb.) Bahkan ada beberapa orang yang mengandalkan teman dan jaringan. Jadi dia membayar uang muka dari customer untuk di teruskan ke produsen. Menurut beberapa pelaku usaha keuntungan bersih yang bisa diperoleh dari usaha paper bag, rata-rata sekitar 30% dari omset yang didapat.

Bagaimana, menarik bukan ? memang sebentar lagi tren akan berubah, bisnis paper bag akan segera menggantikan kantong-kantong yang berbahan plastik. Jadi lebih baik mulai anda pelajari untuk mulai berbisnis paperbag ini. Selamat mencoba…

Pin It on Pinterest

WhatsApp chat